Beranda
Bisnis
Perbedaan Sales Dan Marketing Dalam Bisnis
Hidupintar
Desember 15, 2022

Perbedaan Sales Dan Marketing Dalam Bisnis

HIDUPINTAR.COM - Pada artikel ini saya akan membagikan beberapa perbedaan sales dan marketing, pengertian, cara kerja dan contoh sales marketing dalam bisnis dalam bisnis berikut ini

Pengertian sales dan marketing

Sales dan marketing merupakan dua hal yang berbeda dalam bisnis yang berfokus pada meningkatkan jumlah penjualan dan meningkatkan visibilitas suatu produk atau jasa.

Sales adalah proses menjual produk atau jasa kepada pelanggan, sedangkan marketing adalah proses mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan menciptakan program untuk menarik perhatian pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka.

Kedua hal ini tentu bekerja sama untuk membantu perusahaan mencapai tujuan penjualan dan keuntungan.

Sales bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang penjualan, menjalin hubungan dengan pelanggan, dan menyelesaikan transaksi penjualan.

Sedangkan Marketing bertanggung jawab untuk menentukan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan bagaimana menjual produk atau jasa tersebut kepada pelanggan.

Secara gambaran umum, sales lebih terfokus pada penjualan produk atau jasa secara langsung kepada pelanggan, sedangkan marketing lebih terfokus pada penentuan kebutuhan pasar dan perencanaan strategi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kedua hal ini saling berkaitan dan sering kali bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis yang sama.

Cara Kerja Sales Marketing

Cara kerja sales dan marketing biasanya dimulai dengan department marketing yang mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui survei, focus group, atau analisis data pelanggan.

Hasil dari kegiatan tersebut kemudian digunakan untuk mengembangkan strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Strategi marketing tersebut kemudian dieksekusi oleh department sales, yang bertugas untuk menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan.

Kemudian Sales executive menghubungi pelanggan potensial dan menawarkan produk atau jasa perusahaan, serta menjawab pertanyaan pelanggan dan menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika pelanggan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, sales executive akan mengatur proses pembayaran dan pengiriman produk ke pelanggan.

Selanjutnya, department marketing dan sales akan terus bekerja sama untuk mengevaluasi hasil dari kegiatan marketing dan sales, dan membuat perbaikan jika diperlukan untuk memastikan bahwa program tersebut efektif dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Contoh Sales Dan Marketing

Contoh dari sales adalah seorang sales executive yang bertugas menjual produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan.

Contohnya, seorang sales executive dari perusahaan teknologi dapat menjual smartphone baru kepada pelanggan dengan menjelaskan fitur dan keunggulan dari produk tersebut.

Contoh dari marketing adalah sebuah iklan televisi yang menampilkan produk atau jasa perusahaan.

Antara lain, perusahaan minuman bisa membuat iklan yang menampilkan kelezatan dan keunikan produk minuman mereka, serta menyertakan tawaran menarik seperti diskon atau hadiah untuk pelanggan yang membeli produk tersebut.

Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan minat mereka untuk membeli produk minuman tersebut.

Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel tentang perbedaan sales dan marketing dalam bisnis, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, bantu Hidup Pintar membagikan ilmu dengan cara share artikel ini ke sosial media mu melalui tombol share di atas yah. Terimakasih orang baik! 


Penulis blog

Hidupintar
Hidupintar
Kumpulan informasi seputar pendidikan, tips dan trik, bisnis, tutorial, peluang usaha dan karir.

Tidak ada komentar